Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana

23 September 2022   18 kali  
Launching Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) di Kabupaten Lumajang
Launching Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) di Kabupaten Lumajang

LUMAJANG – Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) Kabupaten Lumajang resmikan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) di Kabupaten Lumajang, bertempat di Pendopo Kecamatan Yosowilangun pada hari Selasa (13/9/2022), beberapa waktu yang lalu.

SOTH adalah sekolah yang diadakan sebagai upaya dalam meningkatkan keterampilan orang tua dalam memberikan pengasuhan yang tepat bagi anak balitanya

Kegiatan pembukaan SOTH ini dibuka oleh Camat Yosowilangun, Agni Asmara Megatra, S.STP, M.Si.

Dia menjelaskan bahwa salah satu visi Indonesia di tahun 2045 adalah terciptanya Generasi Emas.

“Untuk mewujudkan hal itu (Generasi Emas), kita perlu memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Sedangkan saat ini, kita masih memiliki persoalan dalam pembangunan kualitas SDM, salah satunya adalah stunting”, ucap dia.

Anggota Komisi IX DPR RI yang diwakili oleh Staff Ahli, Abdul Latif, yang juga hadir pada pembukaan kegiatan ini, menjelaskan bahwa kualitas pengasuhan yang diterapkan orang tua sangat menentukan kualitas anak. Karena itu, mencetak orang tua yang cerdas dan terampil dalam pendampingan dan pengasuhan anak menjadi langkah strategis untuk melahirkan generasi penerus yang berkualitas serta untuk mencegah bayi lahir stunting.

“Mengasuh anak yang baik perlu dipelajari, dilatih, dan diimplementasikan oleh orang tua. Hal itu bisa dicapai salah satunya dengan SOTH, yaitu sekolah yang diadakan sebagai upaya dalam meningkatkan keterampilan orang tua dalam memberikan pengasuhan yang tepat bagi anak balitanya”, lanjut dia.

Dia juga berharap agar seluruh peserta dapat berkomitmen untuk menyelesaikan kegiatan  SOTH sampai akhir.

“Besar harapan kami kepada seluruh peserta SOTH Kabupaten Lumajang agar nantinya tidak putus ditengah jalan dan dapat lulus semuanya”, tutupnya.

Sebagai tambahan informasi, SOTH dibentuk sebanyak 4 (empat) kelas di tiga Desa, yaitu Desa Yosowilangun Lor sebanyak 2 (dua) kelas dengan jumlah peserta 60 (enam puluh) orang, Desa Yosowilangun Kidul sebanyak 1 (satu) kelas dengan peserta 30 (tiga puluh) orang, dan di Desa Kraton sebanyak 1 (satu) kelas dengan peserta 30 (tiga puluh) orang. (Dinkes P2KB)

Banyak Dibaca





PEMERIKSAAN GRATIS
29 Oktober 2019 382 kali Baca...
Sosialisasi Penertiban CFD dan CFN
09 Januari 2019 358 kali Baca...