Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana

05 September 2022   28 kali  
Komitmen Bersama Stakeholder untuk Atasi Kasus Stunting
Komitmen Bersama Stakeholder untuk Atasi Kasus Stunting

LUMAJANG – Seluruh stakeholder terkait diimbau untuk turut bekerjasama atasi kasus stunting di Kabupaten Lumajang.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Kabupaten Lumajang, Indah Amperawati, atau yang biasa disapa Bunda Indah, saat membuka kegiatan Pertemuan Audit Stunting Kabupaten Lumajang Tahap I yang bertempat di Hall Istana Kuliner, Senin (5/9/2022).

 “Perlunya koordinasi yang kuat serta konvergensi program di lapangan untuk menunjang keberhasilan upaya percepatan penurunan stunting ini”, ucap dia.

Bunda Indah menjelaskan lebih lanjut bahwa prevalensi stunting dari tahun ketahun cenderung fluktuatif, yaitu sebesar 27,7% pada tahun 2019 dan meningkat menjadi 30,1% pada tahun 2021.

Oleh karena itu, Bunda Indah berpesan agar semua pihak terkait tidak saling melempar tanggung jawab dan tidak menganggap remeh masalah stunting mengingat stunting merupakan salah satu bagian dari Double Burden Malnutrition (DBM) yang mempunyai dampak yang sangat merugikan baik dari sisi kesehatan maupun dari sisi produktivitas ekonomi.

Sementara itu, dr. Marshall Trihandono, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Keluarga Sejahtera mengatakan bahwa salah satu priroritas kegiatan percepatan penurunan stunting adalah pelaksanaan pendampingan keluarga berisiko stunting, pendampingan semua calon pengantin/calon Pasangan Usia Subur (PUS) dan surveilans keluarga berisiko stunting.

“Karea itu, sangat penting untuk pihak terkait dapat memperkuat pelaksanaan pendampingan keluarga di seluruh Desa/Kelurahan”, ujarnya.

Sebagai tambahan informasi, Audit stunting tahap I ini dihadiri oleh 110 orang yang terdiri dari OPD terkait, Tim Satgas Stunting Provinsi, Camat, Kepala Desa, Kepala Puskesmas, Bidan koordinator, PKB/PLKB, PKK Kabupaten, PKK Kecamatan, Kader Tim Pendamping Keluarga (TPK), dan lintas program. (Dinkes P2KB)

Banyak Dibaca





PEMERIKSAAN GRATIS
29 Oktober 2019 390 kali Baca...
Sosialisasi Penertiban CFD dan CFN
09 Januari 2019 366 kali Baca...